Sabtu, 08 April 2017

Pendekatan Behavioral dan Kognitif Sosial

Apa itu Pembelajaran?
   Pembelajaran adalah fokus utama dalam psikologi pendidikan. Pembelajaran dapat didefinisikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan, dan keterampilan berpikir yang diperoleh melalui pengalaman.

Pendekatan untuk Pembelajaran

Behavioral
   Behaviorisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses mental. Para psikologi mendefinisikan proses mental sebagai pikiran, perasaan dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain.
   Meskipun kita tidak bisa melihat pikiran, perasaan dan motif secara langsung, semua itu adalah sesuatu yang rill. Proses mental antara lain: pemikiran anak tentang cara membuat poster, perasaan senang guru terhadap muridnya dan motivasi anak untuk mengontrol perilaku nya.

Kognitif
   Ada empat pendekatan kognitif utama utama untuk pembelajaran, yaitu: kognitif sosial, pemrosesan informasi kognitif, konstruktivis kognitif dan konstruktivis sosial.
   Pendekatan kognitif sosial menekankan bagaimana faktor lingkungan, perilaku dan orang saling berinteraksi memengaruhi proses pembelajaran. Pendekatan kedua, pemrosesan informasi yang menitikberatkan pada bagaimana anak memproses informasi melalui perhatian, ingatan, pemikiran dan proses kognitif lainnya. Pendekatan ketiga, konstruktivis kognitif yang menekankan pada konstruksi kognitif pada pengetahuan dan pemahaman. Dan terakhir, konstruktivis sosial yang memfokuskan pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman.

0 komentar:

Posting Komentar