Senin, 03 Juli 2017

Anak Berkebutuhan Khusus

Menurut Kanner dalam jamarisbahwa orang yang mengemukakan istilah autisme, anak autis adalah anak yang mengalami outstanding fundamental disorder, sehingga tidak mampu melakukan interaksi dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, anak autis bersifat menutup diri dan tidak peduli, serta tidak memperhatikan lingkungannya.

Menurut Heward anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi, atau fisik.
Anak yang memiliki kelainan fisik atau kerusakan kesehatan lainnya adalah anak yang memiliki keterbatasan fisik atau masalah kesehatan yang dapat mengganggu pembelajarannya atau kehadiran sekolahnya sampai suatu titik di mana mereka memerlukan perlakuan khusus, latihan, bahan, materi, serta fasilitas yang khusus. Karakteristik dari anak yanag memiliki kelainan fisik adalah sangat beragam. Perbedaan utama yang mengkarakteristikkan anak-anak dengan kelainan fisik adalah kondisi medis, masalah kesehatan, atau keterbatasan fisik yang menitikberatkan keperluan kerjasama dari gabungan disiplin. Kelainan fisik tersebut dapat disebabkan oleh congenital anomalies (cacat lahir) atau mereka memiliki kelainan tersebut melalui kecelakaan atau penyakit setelah dilahirkan.

Kelainan fisik dapat disebabkan oleh 3 kondisi spesifik tersebut, yaitu : kerusakan saraf motorik, pembedahan tulang, dan gangguan yang berkaitan dengan susunan bagian tubuh, serta kondisi lainnya yang memengaruhi kesehatan atau kemampuan fisiknya.


0 komentar:

Posting Komentar